- Latar belakang
Pada pasar ini kekuatan permintaan dan kekuatan penawaran dapat bergerak secara leluasa. Ada pun harga yang terbentuk benar-benar mencerminkan keinginan produsen dan konsumen. Permintaan mencerminkan keinginan konsumen, sementara penawaran mencerminkan keinginan produsen atau penjual. Bentuk pasar persaingan murni terdapat terutama dalam bidang produksi dan perdagangan hasil-hasil pertanian seperti beras, terigu, kopra, dan minyak kelapa . bentuk pasar ini terdapat pula perdagangan kecil dan penyelenggaraan jasa-jasa yang tidak memerlukan keahlian istimewa (pertukangan dan kerajinan).
Dalam persaingan sempurna ini pembeli dan penjual berjumlah banyak. Artinya, jumlah pembeli dan jumlah penjual sedemikian besarnya, sehingga masing-masing pembeli dan penjual tidak mampu mempengaruhi harga pasar. Dengan demikian masing-masing pembeli dan penjual telah meneria tingkat harga yang terbentuk di pasar sebagai suatu datum atau fakta yang tidak dapat di ubah . Bagi pembeli, barang atau jasa yang ia beli merupakan bagian kecil dari keseluruhan jumlah pembelian masyarakat. Bagi penjual pun berlaku hal yang sama sehingga bila penjual menurunkan harga, ia akan rugi sendiri. Sedangkan bila menaikan harga , maka pembeli akan cari penjual lainnya.
- Ciri-ciri pasar persaingan sempurna.
Pasar persaingan sempurna dapat didefinisikan sebagai suatu struktur pasar atau industri dimana terdapat banyak penjual dan pembeli, dan setiap penjual atau pun pembeli tidak dapat mempengaruhi harga pasar.
Ciri-ciri selengkapnya dari pasar persaingan sempurna adalah seperti yang diuraikan dibawah ini :
1. Perusahaan adalah pengambil harga
Pengambil harga atau price taker berarti suatu perusahaan yang ada di dalam pasar tidak dapat menentukan atau mengubah harga pasar. Apa pun tindakan perusahaan dalam pasar, ia tidak akan menimbulkan perubahan ke atas harga pasar yang berlaku. Harga barang di pasar di tentukan oleh interaksi diantara keseluruhan di produsen dan keseluruhan pembeli. Seorang produsen terlalu kecil peranannya di dalam pasar sehingga tidak dapat mempengaruhi penentuan harga atau tingkat produksi di pasar. Peranannya tersebut disebabkan karena jumlah produksi yang diciptakan produsen merupakan sebagian kecil saja dari keseluruhan jumlah barang yang di hasilkan dan diperjual-belikan .
2. Setiap perusahaan mudah keluar atau masuk
Sekiranya perusahaan mengalami kerugian, dan ingin meninggalkan industri tersebut, langkah ini dapat dengan mudah dilakukan. Sebaliknya apabila ada produsen yang ingin melakukan kegiatan di industri tersebut, produsen tersebut dapat dengan mudah melakukan kegiatan industri tersebut. Sama sekali tidak terdapat hambatan-hambatan, baik secara legal maupun dalam bentuk lain secara keuangan atau secara kemampuan teknologi, misalnya kepada perusahaan-perusahaan untuk memasuki atau meninggalkan bidang usaha tersebut.
3. Menghasilkan barang serupa
Barang yang dihasilkan berbagai perusahaan tidak mudah untuk dibeda-bedakan. Barang yang dihasilkan sangat sama atau serupa. Tidak terdapat perbedaan yang nyata diantara barang yang dihasilkan suatu perusahaan lainnya. Barang seperti itu dinamakan dengan istilah identical dan homogenous. Karena barang-barang tersebut adalah sanagt serupa para pembeli tidak dapat membedakan yang mana di hasilkan produsen A atau B atau produsen yang lainnya. Barang yang dihasilkan seorang produsen merupakan pengganti sempurna kepada barang yang di hasilkan seoerang produsen-produsen lain. Sebagai akibat dari efek ini, tidak ada gunanya kepada perusahaan-perusahaan untuk melakukan persaingan yang berbentuk persaingan bukan harga atau nonprice competition atau persaingan dengan misalnya melakukan iklan promosi dan promosi penjualan. Cara ini tidak efektif untuk menaikan penjualan karena pembeli mengetahui bahwa barang-barang yang di hasilkan barang-barang yang di hasilkan berbagai produsen dalam industri tersebut tidak ada bedanya sma sekali.
4. Terdapat banyak perusahaan di pasar
Sifat inilah yang menyebabkan perusahaan tidak mempunyai kekuatan untuk mengubah harga. Sifat ini meliputi dua aspek ,yaitu :
a. Jumlah perusahaan sangat banyak
b. Masing-masing perusahaan adalah relative kecil kalau di bandingkan dengan keseluruhan dengan jumlah perusahaan di dalam pasar
Sebagai akibat produksi setiap perusahaan sangat sedikit dibandingkan dengan jumlah produksi dalam industri tersebut. Sifat ini menyebabkan apa pun yang di lakukan perusahaan, seperti menaikan atau menurunkan harga, menaikan dan menurunkan produksi. Sedikit pun ia tidak mempengaruhi harga tersebut. Akibat para produsen tidak dapat menjual barangnya dengan harga yang lebih tinggi dari yang berlaku di pasar.
- Kebaikan dan keburukan pasar persaingan sempurna
Pasar persaingan sempurna memiliki beberapa kebaikan di bandingkan pasar-pasar yang lainnya , antara lain :
a. Persaingan sempurna memaksimumkan efisiensi
Sebelum menerangkan kebaikan dari pasar persainganan sempurna di tinjau dari sudut efisiensi, terlebih dahulu akan diterangkan dua konsep efisiensi, yaitu :
- Efisiensi produksi
Untuk mencapai produksi harus memenuhi dua syarat , yaitu:
a. Syarat yang pertama ,untuk setiap tingkat produksi, biaya yang di keluarkan adalah yang paling minimum. Gabungan yang paling efisien adalah gabungan yang mengeluarkan biaya yang paling sedikit. Syarat ini harus dipenuhi setiap tingkat produksi.
b. Syarat yang kedua, industri secara keseluruhan harus memproduksi barang pada biaya rata-rata yang paling rendah, yaitu pada waktu kurva AC mencapai titik yang paling rendah . Apabila suatu industri mencapai keadaan tersebut maka tingkat produksinya dikatakan mencapai tingkat efisiensi produksi yang optimal dan biaya produksi yang paling minimal
- Efisiensi Alokatif
Dilihat apakah alokasi sumber-sumber daya berbagi kegiatan ekonomi/produksi telah dicapai tingkat yang maksimum apa belum. Alokasi sumber-sumber daya mencapai efisiensiyang maksimum apabila dipenuhi syarat berikut : harga setiap barang sama dengan biaya marjinal untuk memproduksi barang tersebut. Untuk setiap kegiatan ekonomi, produksi harus terus dilakukan sehingga tercapai keadaan dimana harga = biaya marijinal. Dengan cara ini produksi berbagai macam barang dalam perekonomian anak memaksimumkan kesejahteraan masyarakat.
Dari kenyataan bahwa efisiensi produksi dan efisiensi alokatif dicapai dalam pasar persaingan sempurna.
b.Kebebasan bertindak dan memilih
Pasar persaingan sempurna menghindari wujudnya konsentrasi kekuasaan di segolongan kecil masyarakat. Pada umumnya orang berkeyakinan bahea konsentrasi semacam itu akan membatasi kebebasan seseorang dalam melakukan kegiatan dan memilih pekerjaan yang disukainya. Juga kebebasannya untuk memilih baramg yang dikonsumsinya menjadi lebih terbatas.
Didalam pasar yang bebas tidak seorang pun yang mempunyai kekuasaan dalam menentukan harga, jumlah produksi dan jenis barang yang diproduksikan. Begitu pula dalam menentukan bagaimana faktor-faktor produksi yang digunakan masyarakat, efisiensilah yang menjadi faktor yang menentukan pengalokasiannya. Tidak seorang pun yang mempunyai kekuasaan untuk menentukan corak pengalokasiannya.
Selanjutnya ,dengan adanya kebebasan untuk memproduksikan berbagai jenis barang maka masyarakat dapat mempunyai pilihan yang lebih banyak terhadap barang-barang dan jasa-jasa yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhannya. Dan masyarakat menggunakan faktor-faktor produksi yang mereka miliki.
Disamping memiliki kebaikan-kebaikan ,pasar persaingan sempurna juga memiliki keburukan-keburukan , antara lain :
1. Persaingan sempurna tidak mendorong inovasi
Dalam pasar persaingan sempurna teknologi dapat di contoh dengan mudah oleh perusahaan lain. Sebagai akibatnya suatu perusahaan tidak dapat memperoleh keuntungan yang kekal dari menggembangkan teknologi dan teknik memproduksi yang baru tersebut. Keuntungan dalam jangka panjang hanyalah keuntungan normal, karena walaupun pada mulanya suatu perusahaan dapat menaikan efisiensi dan menurunkan biaya, perusahaan-perusahaan lain dalam waktu yang singkat. Ketidak kekalan keuntungan dari perkembangan teknologi dan inovasi.
Segolong ahli ekonomi juga berpendapat kemajuan teknologi adalah terbatas dipasar persaingan sempurna, karena perusahaan-perusahaan yang kecil ukurannya tidak akan mampu membuat penyelidikan untuk mengembangkan teknologi yang lebih baik. Penyelidikan seperti itu sering kali sangat mahal biayanya dan tidak dapat dipikul oleh perusahaan yang ukurannya kecil.
2. Persaingan sempurna adakalanya menimbulkan biaya social
Didalam menilai efisiensi perusahaan yang diperhatikan adalah cara perusahaan itu menggunakan sumber-sumber daya. Ditinjau dari sudut pandangan perusahaan, penggunanya mungkin sangat efisien.
3. Membatasi pilihan konsumen
Karena barang yang dihasilkan perusahaan-perusahaan adalah 100 persen sama, konsumen mempunyai pilihan yang terbatas untuk menentukan barang yang akan dikonsumsinya.
4. Biaya dalam pasar persaingan sempurna mungkin lebih tinggi
Biaya produksi dalam pasar persaingan sempurna adalah paling minimum,tersirat (yang tidak dinyatakan)pemisalan bahwa biaya produksi tidak berbeda. Pemisal ini tidak selalu benar. Perusahaan-perusahaan dalam bentuk pasar lainnya mungkin dapat mengurangi biaya produksi sebagai akibat menikmati skala ekonomi, perkembangan teknologi dan inovasi.
5. Distribusi pendapatan tidak selalu rata
Distribusi tertentu menimbulkan suatu pola permintaan tertentu dalam masyarakat. Pola tersebut akan menentukan bentuk pengalokasian sumber-sumber daya. Mengartikan bahwa distribusi pendapatan menentukan bagaimana bentuk dari penggunaan sumber-sumber daya yang efisien. Kalau distribusi pendapatan tidak merata maka penggunaan sumber-sumber daya (yang dialokasian secara efisien ) akan lebih banyak digunakan untuk kepentingan golongngan kaya .
4. KESIMPULAN
Kesimpulan yang dapat diambil :
- Pasar persaingan sempurna dapat didefinisikan sebagai suatu struktur pasar atau industri dimana banyak terdapat para penjual dan pembeli, dan setiap penjual atau pun pembeli tidak dapat mem pengaruhi keadaan pasar.
- Cirri-ciri dari pasar persaingan sempurna :
Ø Perusahaan adalah pengambil harga
Ø Setiap perusahaan mudah keluar atau masuk
Ø Menghasilkan barang yang serupa
Ø Terdapat banyak perusahaan dipasar
Ø Pembeli mempunyai pengetahuan yang sempurna
- Kebaikan dari pasar persaingan sempurna:
Ø Persaingan sempurna memaksimumkan efisiensi
Ø Kebebasan memiliki dan memilih
- Keburukan dari pasar persaingan sempurna :
Ø Persaingan sempurna tidak mendorng inovasi
Ø Persaingan sempurna adakalanya menimbulkan biaya social
Ø Membatasi pilihan konsumen
Ø Biaya produksi dalam persaingan sempurna mungkin lebih tinggi
Ø Distribusi pendapatan tidak selalu merata
Tidak ada komentar:
Posting Komentar